Kuis

Rabu, 20 Februari 2008

10 Ancaman Internet di Tahun 2008

Situs Pencurian Password
Jumlah situs phishing terus mengalami peningkatan. Temuan McAfee Avert Labs mengungkap bahwa 784 persen peningkatan situs phishing terjadi pada tahun 2007. Belum ada indikasi penurunan dari serangan ini.

Spam, Khususnya Spam Bergambar
Dari seluruh spam yang ada pada awal tahun ini, spam bergambar terhitung sebanyak 65 persen meski jumlahnya sekarang agak menurun.

Video Online
Video online saat ini menjadi sasaran empuk kejahatan hacker. Kejahatan cyber yang mengincar video online di situs-situs jaringan pertemanan seperti MySpace atau YouTube makin rentan ancaman.

Serangan terhadap Ponsel
Menurut McAfee, belasan contoh program jahat baru yang menyasar peralatan seperti ponsel dan smartphone pada 2007 ini terus meningkat. Ancaman ini perlu diwaspadai pengguna perangkat bergerak.

Adware
McAfee memprediksi bahwa akan lebih banyak perusahaan yang mencoba software iklan untuk meraih konsumen. Namun, karena software yang biasa disebut sebagai adware (perangkat lunak mencurigakan yang menampilkan iklan-red) bereputasi buruk, pelaku bisnis akan mencoba cara lain untuk mengantarkan pesan mereka di internet.

Pencurian dan Kehilangan Data
Transfer data yang tidak sah akan semakin beresiko bagi perusahaan seperti menyebabkan kehilangan data konsumen. Lebih dari 13, 7 juta kasus telah terjadi sejauh ini pada tahun 2007. Hanya sebesar 1,8 juta saja yang terekam pada periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan Bots
Prediksi McAffee ini sebenarnya sulit dibuktikan karena penggunaan bots (program yang menelusuri halaman-halaman yang ada pada suatu website secara kontinu) sebenarnya menunjukkan penurunan.

Malware Parasit Datang Kembali
Penginfeksi parasit adalah virus yang mengubah file yang ada dalam disk dengan memasukkan kode tertentu.

Root-Kits Meningkat dalam Platform 32 bit
Menurut McAfee Avert Labs, tercatat sekitar 200.000 komputer telah terinfeksi root-kits (penyembunyian kode jahat) sejak permulaan tahun 2007. Jumlah tersebut naik 10 persen dibandingkan pada kuartal pertama 2006.

Celah Keamanan Software Kian Meningkat
Diperkirakan, akan ada celah keamanan dalam software yang lebih banyak daripada sebelumnya. Microsoft misalnya, mengeluarkan 35 security bulletins, dimana 25 diantaranya dikategorikan “kritis” dan sembilan diantaranya “important” pada semester pertama 2007 ini.

Tidak ada komentar: